line green usu

 

line green usu

Sejarah Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis

Pusat Inkubator Binis dan Teknologi CIKAL USU berdiri sejak Tahun 1997. Hal ini ditandai dengan terbitnya SK Rektor No. 60/JO5/SK/PM/1997, pada masa awal berdirinya Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU memiliki tujuan sebagai pusat pembinaan usaha kecil dan menengah. Kegiatan inkubasi tersebut dilaksanakan dengan memberikan kegiatan pelatihan, bimbingan/konsultasi serta pelaksanaan kegaitan magang. Di awal berdirinya Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU pernah memperoleh penghargaan sebagai salah satu lembaga inkubator terbaik di Indonesia, yang ditandai dengan diundangnya Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Chairuddin P Lubis bersama dengan Pimpinan Inkubator ke Istana Bogor.

Akan tetapi, dalam perjalanannya Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU tidak selalu mulus. Hal ini ditandai dengan terjadinya kekosongan pengurus di tahun 2006 hingga akhir tahun 2010 yang juga menyebabkan kekosongan kegiatan. Kekosongan ini berakhir diawali dengan diangkatnya Rektor Universitas Sumatera Utara yang baru Prof. Dr. dr. Syahril Pasaribu, yang bersamaan menunjuk Kepala Pusat Inkubator Bisnis Teknologi CIKAL USU berdasarkan SK Rektor No. 2985A/H5.1.R/SK/SDM/2010. Sejak saat itu, kegiatan Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU kembali berjalan seperti sebelumnya.

Selanjutnya, Sejak Tahun 2016 Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU mengalami sedikit perubahan dalam pelaksaan program yang dimiliki. Dimana, program mulai fokus kepada pendampingan terhadap program pendampingan terhadap perusahaan pemula atau start up. Perubahan ini juga ditandai dengan terpilihnya Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU sebagai peserta kegiatan Fasilitasi Penguatan Kelembagaan Inkubasi Bisnis Teknologi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kawasan Sains, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Pada tahun 2017 Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU kembali memperoleh kegiatan Fasilitasi Penguatan Kelembagaan Inkubasi Bisnis Teknologi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Kawasan Sains, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dimana, pada pelaksaan program fasilitasi kedua ini kembali diperkuat program inkubasi terhadap pelaku usaha pemula (start up) yang merupakan hasil inovasi atau penelitian. Dan, pada tahun ini juga Pusat Inkubator Binis dan Teknologi CIKAL USU juga pertama mengikuti Program Insenti Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) bagi tenant peserta kegiatan inkubasi.

Pada tahun 2019 Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU mengalami perubahan nama menjadi Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis Universitas Sumatera Utara berdasarkan SK Rektor No. 886/UN5.1.R/KPM/SK/2019. Berdasarkan perubahan ini, Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi akan menjadi lembaga yang mandiri dan sejajar dengan Lembaga lainnya di Lingkungan Universitas Sumatera Utara. 

Daftar Pimpinan Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU muali dari Berdiri :

1) Ir. Armyn Hakim Daulay, M.BA               (1997 - 2006) 

2) Prof. Dr. Ritha F Dalimunthe, SE, M.Si  (2010 - 2018)

3) Ir. Lilis Sukeksi, M.Sc, Ph.D                   (2018 - 2022)