line green usu

 

line green usu

Koordinasi Pelaksanaan Sistem Informasi Daerah (SIDa)

MEDAN -  Inkubator CIKAL USU : Dalam upaya peningkatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Provinsi Sumatera Utara, Badang Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara bersama dengan Tim Pengelola Oil Plam Science Techno Park (OPSTP) melaksanakan kunjungan ke Pusat Inkubator Binis dan Teknologi CIKAL USU dengan tujuan koordinasi untuk dapat membangung sinergi dan kolaborasi dengan melibatkan Academicy, Business, Government dan Community (ABGC) dalam mendukung penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) Provinsi Sumatera Utara.

DSC00112

Sebagai tuan rumah Ibu Ir. Lilis Sukeksi, M.Sc., P.hD bersama dengan Pengelola Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU menerima kunjungan dari perwakilan Balitbang Provsu dan OPSTP di Ruang Rapat Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU. Ibu Ir. Lilis Sukeksi, M.Sc, P.hD menyampaikan bahawa dalam perjalanan kegaitan Inkubasi yang sesuai arah dari Kemenristekdikti bahwa layanan inkubasi yang diberikan fokus pada kegaitan hilirisasi hasil riset yang bersumber dari hasil litabang Universitas Sumatera Utara. Dan, menyampaikan bahwa pada tahun 2017 memperoleh insetif pendanaan untuk 4 tenant yang menjalani kegaitan inkubasi serta di tahun 2018 kembali memperoleh 4 tenant insentif Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dari Kemenristekdikti. Dan, untuk tahun 2019 ada 8 calon tenant baru dan 4 tenant tahun 2018 yang dipanggil presentasi untuk pendanaan PPBT 2019 yang lagi menunggu pengumuman tahap akhir.

DSC00106

Pada kesempatan ini perwakilan dari Badang Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Utara bertindak sebagai lembaga pendamping pelaksanaan kegaitan pertemuan dengan Pusat Inkubator Binsis dan Teknologi CIKAL USU. Pertemuan ini juga didasari oleh pertemuan Balitbang Provsu dengan OPSTP bersama Direktur Kawasan Sains, Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemenristekdikti bahwa dalam pengembangan STP diperlukan sinergi dari berbagai pihak terutama dengan Universitas Sumatera Utara yang dalam hal ini Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU. Hal ini, berkaitan dengan pemanfaatan serta pengembangan berbagai hasil Inovasi dan Teknologi untuk dapat menghasilkan tenant yang berbasis hilirisasi hasil riset.

DSC00109

Dari perwakilan OPSTP yang hadir juga menyampaikan bahwa sampai saat ini fungsi dari STP secara umum telah dapat dilaksanakan dengan baik, hanya saja yang menjadi kelemahan atau yang belum dapat dilaksanakan hanya fungsi layanan inkubasi terhadap tenant yang dimiliki. Kelemahan dalam layanan inkubasi ini dikarenakan STP sampai pada saat ini masih belum memiliki tenaga SDM yang kompeten dalam menjalankan kegiatan Inkubasi terhadap tenant. Inkubator yang telah dimiliki oleh OPSTP masih memerlukan penguatan secara kelembagaan agar dapat memberikan layanan inkubasi yang lebih optimal terhadap tenant yang dimiliki.

DSC00108

Dalam pertemuan ini dibahas kemungkinan kerjasama antara lembaga yang dapat dijalin. Dimana, kerjasama ini diharapkan dapat mendukung pengembangan Sistem Inovasi Dearah (SIDa) Provinsi Sumatera Utara. Dari, Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU juga menyampaikan bahwa dalam peningkatan status kelembagaan dibutuhkan kerjasama atau sinergi lembaga inkubator dan STP. Dimana, sinergi antara inkubator dan STP meruapakan salah satu output yang keluar dari pelaksanaan kegaitan Fasilitasi Pengembangan Kelembagaan Inkubator Bisnis Teknologi yang pernah diikuti oleh Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU pada tahun 2017.

Hal ini sejalan dengan tuntuna di masing – masing lembaga, baik itu Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU maupun OPSTP. Akan tetapi, hal ini perlu dibahas lebih mendalam bersama dengan stakeholder yang ada. Terutama, stakeholder yang berada di Pihak Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU yaitu Wakil Rektor III sebelum selanjutnya dapat dibahas hal – hal yang dapat dijadikan dasar kerjasama antara kedua belah pihak.