line green usu

 

line green usu

Inovasi Dalam Kewirausahaan Sosial

Medan,  Rabu 6 Februari 2018, CIKAL USU melalui Kepala Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU diundang untuk menjadi salah satu narasumber pada kegiatan Kantor Urusan Internasional USU yang bertajuk “ Introduction to Social Entrpreneurship Based on Local Wisdom”. Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 6-8 Februari 2019 di ruang IMT GT. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional bekerjasama dengan Erasmus+ uni Eropa dan Inspire untuk program tahun 2019.

DSC00065 copy

Hadir langsung pada kegiatan tersebut wakil Rektor III Universitas Sumatera Utara Drs. Mahyuddin K.M. Nasuiton, M.IT, Ph.D menyampaikan pesan dalam membuka kegiatan tersebut. Narasumber lainnya yang turut hadir adalah staf pengajar di bidang kewirausahaan serta peneliti yang ada di lingkungan Universitas Sumater Utara. Kegiatan ini dijadikan oleh Kepala Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU sebagai salah satu cara untuk mensosialisasikan kegiatan dari Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU dalam program Inovasi dan Inkubasi di Lingkungan Universitas Sumatera Utara.

DSC00085

Pada kesempatan tersebut Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi Cikal USU menegaskan bahwa inovasi yang dikembangkan bagi pengembangan start up harus mendukung kearifan lokal, misalnya menguatamakan komoditi lokal yang punya kekhususan sebagai sumber daya pendukukungnya. Untuk dapat bersaing dengan produk luar negeri maka produk tersebut harus inovatif serta perusahaan start upnya harus mampu bersaing.

Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi Cikal USU sebagai salah satu lembaga inkubator bisnis & Teknologi di Indonesia memunyai peran vital dalam mengembangkan start up untuk dapat berdaya saing. Selain itu membantu start up dalam menjaring mitra, membantu fasilitasi permodalan berdasarkan pengalaman Cikal selama ini. Misal melalui skema CPPBT dan PPBT dari Kemristekdikti yang diperuntukkan bagi pengembangan start up di Indonesia. Sebagai pelaku, kepala Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL juga memberikan beberapa tips untuk memperoleh bantuan permodalan melalui skema seed funding tersebut, lalu penguatan inkubasi melalui Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU.

DSC00095 copy

Hadir pada kesempatan tersebut salah satu mahasiswa yang didampingi oleh Kepala Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL mendapatkan bantuan CPPBT pada tahun 2019 dengan produk Biodisbrake bersama seorang mahasiswa USU yang bernama Winelda. Sebagai Start up kita harus mampu memaksimalkan potensi dalam negeri untuk dapat bersaing dengan perusahaan luar negeri, paparan kepala Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU.

DSC00091 copy

Melalui forum ini juga, kepala Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi Cikal menegaskan bahwa Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU sangat terbuka untuk mahasiswa dan start up yang berasal dari civitas akademika USU untuk menjadi tenant pada Pusat Inkubator Bisnis dan Teknologi CIKAL USU melalui kegiatan-kegiatan CIKAL yang akan dijalankan mulai Maret 2019 ini.