line green usu

 

line green usu

Kegiatan Pekan Inovasi dan Teknologi (INOTEK)

Medan, Pekan Inovasi & Teknologi (INOTEK) CIKAL USU merupakan rangkaian kegiatan berbasis inovasi yang rutin diadakan oleh Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU guna meningkatkan peran Universitas Sumatera Utara dalam mempromosikan dan meningkatkan kerjasama dengan pihak eksternal. Kegiatan ini sejalan mendukung target kinerja Rektor Universitas dalam meningkatkan jumlah Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi sekaligus meningkatkan penggunaan inovasi teknologi hasil karya USU kepada masyarakat.

foto bersama sebelum mulai copyKegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 15 – 21 November 2018. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu Klinik merek tanggal, kompetisi robotik bagi siswa SMK dan SMP di kota Medan, kompetisi pembuatan essay bertema Inovasi for Sumut bagi mahasiswa, kompetisi promosi produk berbasis Instagram, Seminar Penguatan Inkubator dengan peserta Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi di Kota Medan, Talkshow penguatan Start up, serta Business Matching yang mempertemukan perusahaan besar, investor untuk bermitra dengan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (Tenant) yang dibina oleh CIKAL USU.

peserta seminar dari LPPM se kota Medan copyKegiatan Puncak tanggal 21 November 2018 berlangsung di Hotel Ibis Style Medan, dimana pada kegiatan Business Matching,  dihadiri oleh industri-industri atau perusahaan di Kota Medan (PLN, PT. Musim Mas, KPUM, Kadin Sumut, PT. Sumut Venture Capita, serta investor yang bersifat individu). Selain itu dinas Penanaman Modal dan Sumatera Utara juga turut menghadiri kegiatan tersebut.

Peserta talkshow dari mahasiswa copyKegiatan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III USU Drs. Mahyuddin K.M. Nasution, MIT, Ph.D yang menegaskan bahwa “perguruan tinggi harus menjalin kerjasama dengan industri agar hasil-hasil riset di perguruan tinggi dapat dialirkan dan tidak hanya berhenti pada jurnal-jurnal saja”. Kepala Pusat Inkubator Bisnis & Teknologi CIKAL USU Ir. Lilis Sukeksi, M.Sc, Ph.D juga turut hadir mendampingi dan memberikan sambutan dalam kegiatan puncak Inotek tersebut.

Dinas Penanaman Modal Diskusi EPendalaman Produk copyOuput dari kegiatan ini adalah tersosialisasikannya produk inovatif kampus pada masyrakat luas di Sumatera Utara, serta meningkatkan kerjasama bisnis antara industri, pemerintah dan perguruan tinggi. Oleh sebab itu pada akir sesi Business Matching juga dibuka diskusi informal antara industri yang berminat menjalin kerjasama dengan Tenant CIKAL USU.

Kegiatan puncak ini berlangsung hingga pukul 18.00, pada akhir acara diadakan talkshow yang disampaikan oleh Tenant CIKAL USU dengan sasaran mahasiswa guna meningkatkan semangat berwirausaha bagi mahasiswa yang ada di kota Medan. Acara ditutup dengan pengumuman perlombaan yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 15 November 2018.